Sabtu, 07 Juni 2014

Arti Sebuah Kata "KEBERSAMAAN"

Mungkin ini isi blog gue yang beda sendiri ya dari isi blog gue lainnya, hampir semua tentang pelajaran. Kali ini iseng ahh mau nulis kaya gini.
Gak tau kenapa gue mau sedikit ngebahas tentang KEBERSAMAAN. Penting enggaknya arti kata ini buat lu gue gak tau. Tapi buat gue, kata ini peting banget dan penuh arti. Semakin lama gue berorganisasi, semakin lama gue mengenal kata ini.
            Rasa ini mulai kerasa sewaktu gue mutusin buat gabung jadi anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Gak tau kenapa juga, gue itu gak bisa liat orang lain sibuk, rasanya pengen ikutan sibuk aja. Makanya gue gabung deh di OSIS SMA hehe..
            Di OSIS ini gue belajar banyak hal, mulai dari saling menghargai satu sama lain, belajar bagaimana cara mengahadapi karakter orang yang beda, bagaimana caranya gak nyampur adukin masalah pribadi sama masalah organisasi, belajar mengambil keputusan, displin waktu sampe akhirnya gue belajar dari kata KEBERSAMAAN.
Alasan kenapa gue bahas ini daripada bahas manfaat lainnya, itu salah satunya karena emang dampaknya besar buat gue sekarang. Kata itu juga ditekankan dalam segala hal, seperti kalo SERI aja kita harus menyebutkan kata itu. SERI itu sebenernya konsekuensi dari ngambil keputusan yang udah kita ambil, seri itu dilakuinnya sambil push up. Push Up nya ini, perempuan dan laki-laki beda. Laki-laki harus push up laki-laki, kalau perempuan, ya harus push up perempuan. Kalo gak tau bedanya, coba aja browsing. 1 SERI itu itungannya 5 kali push up. Dispensasi SERI bisa diganti dengan scot jump, jumlahnya tetep aja sama. Mungkin dulu gue mikir kalo SERI ini ya hukuman, tapi sekarang kalo gue piker lagi, SERI itu bukan hukaman, tapi konsekuensi semua pilihan kita. Pilihan buat disiplin waktu dan ngelakuin hal yang terbaik atau malah sebaliknya. Bahkan sekarang gue kangen sama SERI, lontaran aba-aba “321.. 1.KE 2.BER. 3.SA 4.MA. 5.AN”. Yang jelas, gue kangen banget sama itu.
Dan hal yang paling ngena banget sampe sekarang itu, sewaktu gue mau naik tingkat gitu deh, bisa dibilang jadi seniorlah. Namanya Pra LDKL (Latihan Dasar Kepemimpinan Lapangan), jadi disini kita dibimbing sama senior sebelum kita LDKL, disinilah gue belajar hal yang tadi gue sebut juga. Jadi waktu itu, gue sama temen-temen gue dibarisin, (nb:sekedar info, selama pra LDKL diadain, gue harus pake perlengkapan gitu deh, salah satunya toga dari kertas karton). Gak sengaja temen gue ngejatohin toganya, senior gue bilang kalo kita semua suruh bantuin temen gue balikin harga dirinya. Soalnya toga itu berarti harga diri kita pada saat ini. Karena KEBERSAMAAN, kita mikir buat sama-sama ngelepas toga kita, biar semuanya sama.
Tapi hal itu SALAH bro, yang namanya KEBERSAMAAN itu bukan sama-sama dalam hal negatif, tapi dalam hal positif. Rangkul teman kita yang ngelakuin kesalahan dan buat jadi bener lagi, bukan malah ikutan ngerusak diri kita dengan hal yang salah kaya temen kita itu. Dalam kasus toga ini, harusnya kita buat lagi toga yang sama buat temen gue, dan jaga jangan sampe itu toga jatoh lagi.
Itu sebagaian pengalaman gue tentang Kebersamaan. Semoga aja bisa buat yang baca juga ngerti arti kebersamannya.


Situs Kampus :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar