Selasa, 18 September 2012

Karakter Manusia


Tak mudah memang untuk beradaptasi dalam lingkungan yang baru, dengan orang-orang  yang baru dalam hidup kita. Dengan karakter orang yang berbeda dari orang-orang yang kita kenal sebelumnya. Tapi dengan mengenal orang-oramg yang baru itu, kita mendapatkan banyak pelajaran hidup yang baru juga. Sekarang bagaimana sikap kita dalam beradaptasi dalam ruang lingkup yang baru itu.
Teringat kembali dengan isi seminar beberapa waktu yang lalu. Tentang karakter manusia, yang pada dasarnya hanya ada tiga karakter, yaitu :

1           1. VISUAL (Penglihatan/mata)
Orang yang memiliki karakter visual memiliki ciri-ciri, seperti : cenderung berbicara cepat, berfikir sangat cepat, cenderung mengangkat kepala/mendongak, berdiri tegak, dan selalu condong ke depan saat duduk.
Biasanya kata-kata sensorial orang visual yaitu tentang pemandangan, tontonan, pertunjukan, pandangan, bayangan, membayangkan, gambaran, mengamati, memperhatikan, meninjau.

            2. AUDITORIAL (Pendengaran/telinga)
Ciri-ciri orang auditorial adalah sering memiringkan kepala, cenderung berbicara pada diri sendiri, sering memegang telinga/mulut, berbicara bernada dan jelas, bicara berirama, belajar berurutan sesuai prosedur.
            Biasanya orang audiotori jika berbicara terdapat unsur menceritakan, memberitahukan.

            3.   KINESTETIK (Perasa/gerakan)
Sedangkan orang kinestetik memiliki ciri-ciri yaitu, bicara pelan dan suaranya dalam, cenderung mengikuti trend/mode, bereaksi terhadap kontak fisik, menyukai kedekatan personal, learning by doing.
            Kalau orang kinestetik adalah tipe orang yang suka kontak fisik jika berbiacara, untuk menyakinkan pendengar.

Sekarang kita sudah tahu, karakter manusia seperti apa, dengan begitu kita dapat beradaptasi, dan bekerja sama dengan baik dengan orang yang berbeda. Selain itu junjung terus rasa tolerasi antar sesama, dengan begitu, semuanya akan lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar