Minggu, 09 Desember 2012

APA SIH HUBUNGAN ANTARA PERTUMBUHAN PENDUDUK DENGAN KESEJAHTERAAN???




Pertumbuhan penduduk adalah banyaknya penduduk per kilometer persegi.
Kesejahteran adalah suatu kondisi dimana penduduk dapat memenuhi kebutuhannya bahkan dapat melebihi dari kebutuhannya pokoknya, merasa aman,dan nyaman di daerah yang mereka tempati.

Adakah hubungan diantara kedua kata tersebut?
Jika iya...
Apa hubungannya??
Untuk menjawab pertanyaan itu, saya akan menjabarkan pendapat saya mengenai kedua kata tersebut.
Sebelumnya saya akan menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah.

Faktor pertumbuhan penduduk sendiri dipengaruhi dari beberapa faktor, yaitu :
  1. Kelahiran (Natalitas)
    faktor penunjang kelahiran (Pronalitas) yaitu, kawin usia muda, adanya anggpan bahwa anak merupakan tumpuan orang tua dari hari tua, adanya anggapan bahwa banyak anak banyak rezeki.
  2. Kematian(Mortalitas)
    faktor penunjang kematian yaitu, masih rendahnya kesadaran penduduk akan pentingnya kesehatan, tingkat gizi penduduk yang masih rendah, terjadinya bencana alam, kecelakaan, peperangan, pembunuhan.
  3. Perpindahan Penduduk (Migrasi)
    migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan batas negara atau batas daerah administrasi dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap. Migrasi dibagi menjadi macam, yaitu, migrasi nasional dan migrasi internasiaonal.
     Setelah kita mengetahui faktor apa saja yang memepengaruhi pertumbuhan penduduk, kita akan tahu hubungannya dengan kesejahteraan.
Dan menurut saya, pertumbuhan penduduk dan kesejahteraan memiliki hubungan satu sama lain. Bagaimana bisa?
     Tentu saja bisa, seperti yang kita ketahui sebelumya bahwa ketiga faktor dari pertumbuhan penduduk itu juga mempengaruhi kesejahteraan penduduk. Contohnya saja, faktor yang pertama, yaitu kelahiran. Jika penduduk suatu wilayah memiliki jumlah penduduk yang wajar atau cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan bagi penduduknya untuk hidup sejahtera. Mengapa demikian? Karena dengan penduduk yang wajar atau cukup tinggi, akan adanya saling tolong menolong satu sama lain, adanya kerjasama dengan cukup baik, kemungkinan dengan hal seperti ini para penduduk akan merasa nyaman tinggak pada wilayah tersebut, dan giat untuk saling tolong melong dan bekerja.
     Namun perlu diingat bahwa, jika suatu wilayah memiliki kepadatan penduduk yang tinggi juga terkadang tidak baik, begitupun dengan kematian jika kematian suatu wilayah tinggi menandakan bahwa wilayah tersebut masih belum sejahtera. Kok bisa? Tentu bisa, karena jika wilayah tersebut sudah dapat dikatakan sejahtera, kematian pada wilayah tersebut tentu akan rendah, karena pemerintah dapat menanganinya dengan baik, seperti kesadaran akan kesehatan tingi, pelayanan kesahatan yang memadai, tingkat gizi yang tinggi atau cukup, dapat menangai bencana alam dengan cepat, sehingga tidak memakan korban jiwa yang banyak.
     Kedua faktor tersebut diimbangi dengan perpindahan penduduk (Migrasi),. Fungsi dari igrasi itu sendiri pada dasarnya untuk mengatur pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah. Setiap wilayah pasti dibagi menjadi beberapa bagian, jika pada bagian pertama wilayah tersebut mengalami kepadatan peduduk, pemerintah akan memindahkan penduduk tersebut ke bagian wilayah yang masih jarang penduduknya, yang kita kenal dengan sebutan Transmigrasi. Begitupun jika bagian wilayah yang masih jarang penduduknya atau desa ke bagian yang padat penduduknya atau kota,dan biasanya kita sebut dengan urbanisasi.
     Jika suatu wilayah dapat mengatur pertumbuhan penduduknya, otomatis wilayah tersebut dapat dikatakan sejahtera, karena jika pemerintah dapat mengatur pertumbuhan penduduknya, pasti penduduk yang menempati wilayah tersebut akan merasa nyaman dan aman.
Selain pemerintah yang harus berusaha untuk mengatur kesejahteraan rakyatnya, tapi kita sebagai rakyatnya harus terus berusaha untuk mencapai kesejahteraan bagi diri kita sendri.
     Itulah menurut saya hubungan pertumbuhan penduduk dengan kesejahteraan.

Sumber : Devy Putri Puspitasari - 1IA01

www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar