Minggu, 09 Desember 2012

Faktor Apa Aja Yaa yang Mempengaruhi Migrasi???


Untuk menjawab dari pertanyaan di atas, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari migrasi.
MIGRASI adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas daerah administrasi dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap.
Misalnya dari suatu daerah ke kota maupun dari suatu kota ke daerah, dari suatu negara ke negara lain.
Nah, sekarang, kita akan membahas tentang faktor yang mempengaruhi migrasi. Inilah beberpa faktor yang mempengaruhi migrasi :
  1. Faktor Ekonomi
    Hal yang menyebabkan orang melakukan migrasi, salah satunya adalah faktor ekonomi. Memang benar bahwa faktor ekonomilah yang meyebabkan banyak orang bermigrasi. Hal ini karena ditempat mereka kurang mendukung perekonomiannya. seperti kurangnya lapangan pekerjaan, sedikitnya upah yang diberikan. sehingga mereka merantau ke tempat lain. Mereka berfikir jika pindah ketempat lain akan mendapatkan pekerjaan dan upah yang lebih baik dari tempat sebelumnya, sehingga mereka dapat menghidupi diri mereka sendiri serta keluarga mereka juga tentunya.
  1. Faktor Politik
    Faktor yang kedua adalah faktor Politik. Maksud dari hal ini adalah, jika seseorang berkecimpung dalam dunia politik, dan mengharuskan mereka untuk bermigrasi ke tempat 
    dimana ia ditugaskan, maka otomatis ia harus bermigrasi.

  2. Faktor Bencana Alam
    Hal ini juga memungkinakan seseorang untuk bermigrasi, misalnya di tempat mereka ada bencana alam yang mengharuskan mereka untuk bermigrasi, dikarenakan rumah mereka hancur akibat bencana alam tersebut, atau mungkin disana tidak ada sanak saudara yang dapat membantun dalam hal tempat tinggal. Sehingga mereka pindah ke daerah lain. Seperti korban lumpur lapindo, dan tsunami.

  3. Faktor Agama
    Biasanya seseorang akan merasa lebih nyaman pada lingkungan dengan komunitas yang sama dengannya. Begitupun dengan agama, bagi beberapa orang, mungkin belum terbiasa akan perbedaan yang terjadi di lingkungan sekitarnya oleh karena itu, mereka bermigrasi untuk berkumpul dengan komunitas yang sama dengan mereka.

  4. Fakor Keamanan
    Faktor keamanan juga dapat menjadi faktor seseorang melakukan migrasi. Karena jika seseorang merasa tidak nyaman tinggal pada tempat mereka tinggal sekarang karena keamanannya, bukan tidak mungkin mereka akan pindah untuk mencari tempat yang nyaman ke tempat lainnya.
        Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi para imigran melakukan migrasi.. 
        Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca ;)
  
Sumber : Devy Putri Puspitasari - 1IA01

www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id

1 komentar: