Minggu, 09 Desember 2012

MIGRASI DAN KEJAHATAN, APA HUBUNGANNYA???


 Berdasarkan pandangan secara yuridis Kejahatan adalah suatu tindakan atau perbuatan yang dilarang dan dapat dijatuhi hukuman atas perbuatan atau tindakan itu oleh Undang-Undang. Pandangan ini lahir dari suatu teori yang menyatakan bahwa setiap anggota masyarakat adalah makhluk yang mempunyai kehendak bebas.
     Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas daerah administrasi dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap.
     Misalnya dari suatu daerah ke kota maupun dari suatu kota ke daerah, dari suatu negara ke negara lain.
     Kali ini, saya akan membahas hubungan migrasi dengan kejahatan..

Apa ya hubungannya?
Saya akan menjelaskannya berdasakan opini saya sendiri..
     Menurut saya pasti ada hubungannya. Karena kejahatan bisa terjadi dimana dan kapan saja serta dapat terjadi oleh siapa saja. Begitupun dengan migrasi. Berdasarkan info yang saya tahu, bahwa kejahatan migrasi adalah kejahatan ilegal ketiga yang mengahsilkan banyak pendapatan bagi pelakunya. Hal ini dapat menjadi faktor mengapa masih adanya kejahatan migrasi dan mungkin justru menjadi peluang yang besar bagi pencinta uang dengan jalur ilegal.

Kejahatan seperti apa sih kejahatan migrasi itu?
     Kejahatan migrasi itu contohnya seperti perdagangan manusia, biasanya wanita dan anak-anak. Mengapa mereka dapat dijadikan korban? Jawabannya sederhana, karena kaum ini dengan mudah menjadi korban penipuan, pembohongan dengan iming-iming dapat bekerja di luar negeri dengan gaji yang memadai bahkan lebih dari cukup. Hal ini dimanfaatkan oleh orang yang memiliki prikiran kriminal, yang menginginkan banyak uang. Padahal kenyataannya mereka memang dipaksa untuk bekerja ke luar negeri dengan gaji yang kecil, bahkan tidak dibayar dengan aturan-aturan yang bersifat eksploitatif. Biasanya para pelaku menjanjikan korban untuk bekerja sebagai tenaga kerja yang bekerja diluar negeri, namun tidak demikian pada kenyataannya, kebanyakan korban ditipu dan dijadikan Pekerja Seks Komersil (PSK).
     Itulah contoh sederhana yang biasa terjadi dalam kejahatan migrasi. Karena kejahatan ini merupakan kejahatan migrasi internasional, tentu tidak untuk mencegah dan mengatasi permasalahan ini memerlukan banyak pihak yang terkait. Seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), negara-negara terkait, serta peran dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat harus menyadari bahwa tindakan tersebut tidak benar, dan masih banyak mata pencaharian yang lebih layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, serta perlu sanksi yang tegas dari pemerintah terhadap persoalan ini.
     Demikianlah pendapata saya mengenai hubungan migrasi dengan kejahatan. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.. 

Sumber : Devy Putri Puspitasari - 1IA01


Tidak ada komentar:

Posting Komentar