Jumat, 27 Desember 2013

Robot Baru Saingan ASIMO; ROBORAY


Semakin pesat perkembangan zaman, semakin banyak inovasi yang dilakukan manusia, mulai dari hal-hal yang sederhana untuk hiburan hingga  hal-hal besar untuk mempermudah aktivitas dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah inovasinya yaitu Robot. Perkembangan robot semakin lama berkembang layaknya manusia asli. 

Jika kita ingat beberapa waktu lalu telah lahir robot humanoid bernama ASIMO yang menyerupai manusia yang dikembangan oleh Honda, ternyata Samsung dan Korean Institude of Science and Technology (KIST)  tidak mau kalah. Mereka mengeluarkan robot humanoid juga yang dinamakan ROBORAY.



Pada pemeran teknologi IROS 2012 di Portugal, Roboray menunjukan kebolehannya. Robot ini dapat berjalan dengan lancar layaknya manusia. Berbeda dengan Asimo yang gaya berjalannya masih terlihat agak kaku, Roboray dapat berajalan dengan gaya hampir menyerupai manusia, karena setiap siku-sikunya dibuat lebih terperinci. 

Namun, Roboray memeliki kekurangan dibanding dengan robot sebelumnya, yaitu belum dapat berlari. Tetapi Samsung akan terus mengembangkan robot yang diciptakannya ini, dengan menmbahkan sensor agar dapat mengenal wajah dan suara agar lebih “hidup”.
Untuk melihat aksi robot ini, Anda dapat buka link berikut 

Kita lihat perkembangan Roboray kedepannya, apakah akan seperti yang diharapkan banyak orang. Rincian Roboray 
Referensi :


Link kampus :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar